Kamis, 19 November 2020

Yang Bisa Anda Masak Dengan Gas Oven Deck

  1. Fungsi & Tujuan

Perbedaan oven dan microwave yang paling utama jelas terletak pada fungsi dan tujuannya. Oven ditujukan untuk makanan yang membutuhkan pemanggangan atau pembakaran (baking atau roasting). Sedangkan microwave tidak memiliki fungsi untuk memanggang, melainkan hanya mampu memanaskan makanan.

Jika kamu suka membuat roti dan cupcake yang membutuhkan proses baking, oven akan sangat cocok buatmu. Tetapi jika kamu hanya memerlukan alat untuk memanaskan sisa makanan semalam, maka microwave adalah pilihan yang paling tepat.

  1. Sistem Cara Kerja

Oven bekerja memanfaatkan sumber energi listrik atau gas. Elemen pemanas oven mengubah energi tersebut menjadi panas yang kemudian ditransfer dan disebarkan merata ke dalam seluruh ruang oven untuk mematangkan makanan.

 gas-oven 1 deck 1 tray  

gas-oven 1 deck 1 tray

Berbeda dengan oven, microwave menggunakan gelombang mikro elektromagnetik. Saat gelombang mikro terserap oleh makanan, molekul air akan terus bergerak, saling bertumbukan, dan menghasilkan panas. Proses inilah yang menyebabkan microwave mampu meningkatkan suhu makanan itu sendiri.

3. Efisiensi Akan Waktu

Karena sistem kerjanya yang berbeda, tentu saja kecepatan pemanasannya ikut terpengaruh. Pada oven, proses pemanasan atau pematangan cenderung memakan waktu karena panas tidak langsung ditembakkan pada makanan, melainkan menyebar memenuhi ruangan oven. Selain itu, kecepatan pematangan pada oven juga dipengaruhi jenis oven. Misalnya oven listrik memerlukan waktu pemanasan lebih lama dibanding oven gas.

Sementara itu, microwave menjadi juara dalam efisiensi waktu. Hal ini karena reaksi pemanasan terjadi langsung di dalam makanan sehingga proses pemanasan menjadi sangat efektif. Microwave dapat memanaskan makanan lebih cepat daripada jenis oven apapun.

  1. Kebutuhan Listrik

Sebenarnya oven memerlukan daya listrik yang jauh lebih kecil dibanding microwave. Namun karena proses pemanasan dan pematangannya yang lama, konsumsi listriknya pun ikut membengkak. Hal ini berkebalikan dengan microwave. Pada pemakaiannya, microwave memerlukan daya listrik yang besar. Tetapi karena waktu pemanasannya yang begitu singkat, konsumsi listrik pun menjadi lebih hemat.

  1. Hasil Makanan

Proses pematangan pada oven dimulai dari bagian luar makanan berkat udara panas dalam oven. Hasilnya makanan akan matang merata dengan bagian luar yang lebih crispy dan kecoklatan sementara bagian dalamnya tetap empuk dan lembut. Sangat pas untuk Anda yang hobi membuat roti dan memanggang daging.

Dapatkan Produk Guataka  Gas Oven Deck yang terbaik yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peralatan Perlengkapan Dapur

Mesin Pemanggang Berkualitas

Mesin Pemanggang Bebek Usaha catering ini sudah banyak dipercaya untuk membantu proses persiapan makanan pada suatu acara atau saat tertentu...