Selasa, 10 November 2020

Lebih Dekat Dengan Thermostat Oven

Apa Itu Thermostat

Termostat adalah suatu perangkat yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik .

Istilah dalam bahasa Yunani: Thermo yang artinya panas dan Statos berarti statu quo/ tetap sama. Dengan kata lain menjaga panas agar tetap sama. Fungsinya sebagai alat pendeteksi suhu yang banyak digunakan  diperangkat listrik sepert Oven, Kulkas, AC, setrika, pengendali suhu mesin-mesin dan mesin mobil. Prinsip kerja pada oven, setelah suhu oven diset dan saat oven masih dingin maka thermostat akan menyalakan pemanas hingga suhu panas yang di set tercapai dan saat suhu set panas tercapai thermostat akan mematikan pemanas.

Jenis Thermostat

Thermostat terbagi 2 jenis: Themostat mekanikal strip bimetal dan Thermostat Electronik. Pada oven produk kami menggunakan thermostat electronik dimana tiap temparatur setting akan disupport satu themostat. Dalam hal ini jika satu deck oven ada unit api atas (heater atas) dan api bawah (heater bawah) maka akan tersedia 2 thermostat untuk pengendali suhu heater atas dan heater bawah tadi.


    Bagaimana Thermostat Electronic Bekerja

Thermostat elektronik pada dasarnya berbentuk rangkaian elektronik yang terdiri dari berbagai komponen komponen elektronika.

Komponen utamnya untuk mendeteksi perubahan suhu adalah Thermistor yaitu resistor yang nilai hambatannya  dapat dipengaruhi oleh suhu sekitarnya.

Pada saat thermistor mendeteksi adanya suhu tinggi, resistansi atau hambatan Thermistor juga akan berubah sehingga rangkaian elektroniknya akan memutuskan hubungan listrik ke system pemanas oven dalam hal ini selenoid valve regulator gas off. Pada saat thermistor menjadi dingin kembali, resistansi pada thermistor tersebut juga akan berubah menjadi normal kembali sehingga rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai pengendalian tersebut akan kembali menyambung aliran arus listrik ke system pemanas sehingga selenoid valve regulator gas menjadi On

Kelebihan dari Thermostat Elektronik ini adalah lebih hemat energi dan mencegah pemborosan pada penggunaan listrik/gas . Thermostat ini dapat diprogram sehingga penganturan suhu dan lama waktu sesuai yang kita inginkan.

 

Bagaimana Safety Thermostat Electronic Pada Oven Bekerja

Thermostat elektronik akan dirangkai dengan temparatur panel control, selenoid valve regulator gas dan komponen elektronik lainnya.

Selenoid valve regulator gas inilah yang paling bertangung jawab akan safety bahaya terbakar oven. Fungsinya untuk shut off  and release gas elpiji kedalam oven.

Bagaimana Memastikan Thermostat Electronic Pada Oven Masih Bekerja Dengan baik

Dengan berjalannya waktu pakai dan jenis produk yang di oven perlu di check dipastikan apakah thermostat pada oven masih bekerja dengan baik.

Tips mudahnya kapan harus melakukan penggantian unit thermostat: set suhu oven atas bawah 100 derajat Celsius. Siapkan 100 ml air dalam 3-5 botol kaca/mangkuk pyrex yang sama bentuk dan jenisnya. Cari standard settingan menit saat air mendidih. Ulangi. Jika hasil lama waktu air mendidih berbeda beda maka dianjurkan melakukan penggantian thermostat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peralatan Perlengkapan Dapur

Mesin Pemanggang Berkualitas

Mesin Pemanggang Bebek Usaha catering ini sudah banyak dipercaya untuk membantu proses persiapan makanan pada suatu acara atau saat tertentu...