Jumat, 27 November 2020

Planetary Mixer dan Spiral Mixer

 Mesin mixer adalah alat yang bisa digunakan untuk mengaduk adonan kue, roti, mie dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya mixer yang dalam bahasa Inggris bermakna sebagai pengaduk.

Dalam dunia usaha roti dan kue, mesin mixer adalah suatu keharusan yang dipenuhi. Sedangkan  

Karena fleksibilitas mereka dan juga keakraban dengan sebagian besar roti dengan koki dan sudah banyak yang mengetahui fungsi dan kelebihan menggunakan mixer.

Planetary mixer dan Spiral Mixer adalah mixer yang paling umum dari berbagai jenis mixer , kebanyakan akan dijumpai salah satu atau mungkin kedua nya di setiap toko Elektronik.

Tetapi untuk sesama fungsi mixer dari kedua jenis mixer ini tidak ada perbedaan, yaitu  sama fungsinya di gunakan untuk mengaduk/pengaduk berbagai adonan. Namun untuk efisiensi penggunaan kedua mixer tersebut maka di buat dan di rancang khusus untuk beberapa hal.

Inilah perbedaan kedua jenis mixer 

Cara kerja mesin mixer ini adalah sebagai berikut

Spiral Mixer

Fungsi spiral mixer adalah mengaduk adonan kental berkapasitas besar dan menghasilkan adonan merata dan lembut. Untuk membuat adonan yang lembut cara kerja mixer ini adalah mangkuk atau bowl mixer juga berputar bersamaan dengan hook.

Spiral mixer

Spiral mixer dibuat juga memiliki frekuensi kecepatan yang bermacam macam. Ketika digunakan kecepatan rendah digunakan untuk mencampur adonan, sedangkan ketika di gunakan kecepatan besar ini berfungsi untuk mengembangkan struktur adonan. Mangkuk dari mixer ini mudah di lepas, sehingga memudahkan untuk membuat adonan dengan campuran sekala besar.

Jenis mixer roti  ini tidak memiliki fungsi pengadukan yang lain, yaitu hanya hook berbentuk spiral. Namun mesin mixer jenis ini mampu mengatasi semua jenis adonan dengan baik. Dalam penerepan mixer ini lebih sering digunakan di pabrik roti atau produsen kue. Dan tentunya bisa memilih jenis mesin mixer mana yang lebih cocok untuk kebutuhan yang sesuai


 Planetary Mixer

Menggunakan mixer ini adalah fungsi yang berbeda yaitu memiliki head mixer dengan 3 fungsi pengadukan :

planetary mixer

Beater digunakan untuk mencampur adonan yang  tidak membutuhkan udara . Misalnya untuk mengocok mentega dan gula untuk membuat krim

Whisk  Untuk mencampur adonan, namun dalam pengocokan akan ada udara banyak yang masuk

Hook    Mengaduk adonan roti, mie & jenis bahan makanan yang sangat kadar airnya sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peralatan Perlengkapan Dapur

Mesin Pemanggang Berkualitas

Mesin Pemanggang Bebek Usaha catering ini sudah banyak dipercaya untuk membantu proses persiapan makanan pada suatu acara atau saat tertentu...